Bila engkau bukan anak raja, juga bukan anak ulama besar, maka Menulislah. [Imam Al Ghazali]
Home » , » Rangkaian Acara Pelantikan PMII Karimun

Rangkaian Acara Pelantikan PMII Karimun


Pelantikan adalah acara sakral yang selalu menjadi roh tersendiri bagi yang mengikutinya. Begitu halnya dengan pelantikan organisasi mahasiswa PMII Cabang Kabupaten Karimun Masa Khidmat 2018-2019 yang digelar Minggu malam di Gedung Nasional (22/04/2018).

Diantara undangan istimewa yang hadir di kursi tamu, yakni H. Aunur Rafiq, S.Sos., M.Si. Bertindak sebagai ketua rombongan, Bupati Karimun ini turut membawa sejumlah kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Diantaranya, Sekda Kab. Karimun, H. M. Firmansyah, M.Si., Kadis Pendidikan, Bakri Hasyim, S.Pd. SD., Kadis Perpustakaan Daerah dan Arsip, Mohamad Isnaini, S.Sos, M.Si., dan Kadis Lingkungan Hidup, Ir. Eryadi.

Serta dari internal PMII sendiri, hadir langsung Ketua Umum PB PMII, Agus Mulyono Herlambang, didampingi oleh Ketua Biro Politik, Advokasi dan Kebijakan Publik, M. Zeni Syargawi. Lalu Ketua Umum PKC PMII Provinsi, Oloan Ritonga, Ketua MABINCAB PMII Kab. Karimun, Parizal, dan tokoh masyarakat, tokoh agama serta tokoh pemuda.



Dalam sambutannya, Bupati Karimun mengucapkan selamat kepada pengurus yang baru saja dilantik oleh ketua umum langsung dari pusat. "Semoga pengurus yang baru dilantik semakin sukses dalam mengemban amanah organisasi dan bisa menjadi calon pemimpin untuk kemajuan Kabupaten Karimun ke depannya. Semangat, luar biasa PMII.” Kata Rafiq.

Saling memuji pun terjadi, berbeda dengan Bupati. Sebagai Ketua Umum PMII periode 2017-2019, Agus berterimakasih dengan Bupati Karimun. Di akuinya baru pertama kali melihat kepala daerah yang selalu mensupport kegiatan PMII Karimun.

Sementara Itu, mantan Ketua PC PMII Karimun Masa Khidmat 2016-2017, Parizal yang juga saat ini menjabat Ketua MABINCAB PMII Karimun mengungkapkan bangga dengan PMII Karimun yang sudah memasuki periodesasi ke empatnya.

“Semoga organisasi ini dapat menjadi panutan yang baik untuk kita semua, saya bangga memiliki kader seperti kalian." Kata Parizal.

Kemudian acara dilanjutkan dengan prosesi pengukuhan dan ucapan selamat oleh Bupati Karimun H. Aunur Rafiq, S.Sos, M.Si., kepada pengurus PMII yang baru dilantik.



Bertindak sebagai nahkoda baru, Ketua PC PMII Karimun Aal Aulia mengatakan, PMII akan selalu siap menjadi garda terdepan dalam upaya membangun Karimun menjadi lebih baik.

“Kami yakin, pemerintah daerah akan bisa maju dan semakin bila bermitra dengan kita. Kami yakin dan percaya dengan segala persiapan dan perencanaan yang matang. PMII Karimun ke depan yang akan mengisi posisi strategis penting di Karimun ini.” Ujarnya dengan tegas.

Lalu Endang Tri Wahyuni, dalam hal ini sebagai ketua panitia, yang juga sedang menjabat Ketua Komisariat PMII Universitas Karimun. Menyampaikan dalam laporannya bahwa ia sebagai Ketua Pelaksana mengucapkan terima kasih kepada Bupati Karimun yang telah membantu acara ini serta sudah bisa menyempatkan kehadirannya pada acara pelantikan Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Kabupaten Karimun.



Mou Bersama Pemerintah Daerah

Acara pelantikan tidak berlangsung singkat begitu saja, yang paling menarik dan ditunggu-tunggu adalah penandatanganan kerja sama (MoU) bersama Pemerintah Daerah Kabupaten Karimun dalam hal ini OPD Dinas Perpustakaan Daerah dan Arsip Pemkab Karimun


Tujuan kegiatan tersebut sebagai bentuk kerja sama dan membangun sinergitas dalam suatu penyelenggaraan pemerintahan daerah. Dengan adanya Mou bersama maka akan menjadi landasan dalam melaksanakan program Literasi yang berguna bagi pemuda dan anak-anak diluar pulau Karimun yang membutuhkan bahan bacaan serta menumbuhkan minat membaca buku.

Secara khusus, Bupati Karimun amat mengapresiasi program ini ”Mari kita dukung pemuda kita berkontribusi untuk daerah demi mencerdaskan generasi di Karimun.” Ujarnya saat diawal kata sambutan.

Penandatangan Mou ditandatangani secara langsung oleh Bupati Karimun serta didampingi Kadis Perpustakaan Daerah dan Arsip Kab. Karimun, Ir. Isnaeni. Kemudian disaksikan langsung oleh Ketua Umum Pengurus Besar PMII dari pusat dan Ketua Cabang PMII Karimun, Aal Aulia.



“Program Literasi ini kita namakan Gudang buku PC PMII Kab Karimun. Dimana buku yang disumbang masyarakat atau pun instansi pemerintahan akan kami salurkan kepada pelajar yg membutuhkan khususnya di bagian pulau-pulau yang berjumlahnya puluhan.” Tutupnya.


Ratusan Bibit Pohon Dibagikan

Sebelum acara dimulai, berderet bibit pohon telah disiapkan oleh panitia. Bibit pohon ini nantinya diberikan secara percuma untuk tamu undangan yang sudah hadir. Jumlahnya ratusan dan terdapat bermacam-macam jenis pohon yang bisa ditanam di pekarangan rumah maupun di lapangan luas.



Pembagian bibit pohon secara gratis ini merupakan kelanjutan acara Hari Lahir (Harlah) PMII yang ke 58 tahun yang sudah lewat. Yakni bertepatan pada tanggal 17 April 2018, PMII Karimun bekerja sama dengan warga Desa Parit untuk menanamkan pohon di sekitar Desa.

Baca juga :
Harlah di Desa Parit PMII bagi Bibit Pohon dan Buku Gratis

Inilah rangkaian acara Pelantikan Pengurus Cabang Karimun yang dikemas dengan menarik dan unik. Belakangan, acara ini dikatakan sebagai acara termewah pada perhelatan pelantikan PMII dalam eksitensinya selama kurang lebih 4 tahun lamanya. Serta juga dianggap sebagai acara termegah dalam kancah pergolakan mahasiswa di Kota Bumi Berazam.



0 komentar: