Bila engkau bukan anak raja, juga bukan anak ulama besar, maka Menulislah. [Imam Al Ghazali]
Home » , » Senior Harus Khawatir Dengan Kadernya

Senior Harus Khawatir Dengan Kadernya


Aktivitas kemahasiswaan di dalam maupun di luar kampus masih menjadi daya tarik bagi sebagian mahasiswa Karimun untuk meningkatkan kemampuan dan akademik. Apalagi pengalaman berorganisasi sering dibutuhkan untuk mendapatkan pekerjaan atau meniti karir di masa depan.

Namun kepentingan untuk meraih masa depan yang lebih baik serta perkembangan teknologi, memunculan perubahan minat mahasiswa Universitas Karimun (UK) dan STIE Cakrawala Karimun terhadap aktivitas diluar kuliah.

Saat ini, aktivitas di bidang sosial politik, seperti kajian pemikiran sosial dan politik di kalangan mahasiswa, cenderung kurang diminati minati. Unit kegiatan mahasiswa di UK dan STIE Cakrawala Karimun misalnya, yang berkaitan dengan kemampuan olah kepekaan sosial, seperti pers kampus ataupun himpunan jurusan miskin animo, bahkan pers kampus tidak ada di kedua kampus tersebut.

Ketertarikan terhadap sifat aktivitas organisasi kemasyarakatan juga cenderung menurun. Sebaliknya aktivitas yang berkaitan dengan pengembangan kapasitas individual dan berkaitan langsung dengan karakter pekerjaan di masa depan, seperti di bidang riset teknologi dan urusan rintisan lebih diminati.

Hal demikian disinyalir, tidak optimalnya peran organisasi sayap kedua di perguruan tinggi, yakni PMII, HMI, dan GMNI dalam melakukan kaderisasi. Jika ditelusuri jejaknya, untuk IMM saja belum tampak hadir dipermukaan.

Kondisi ini memunculkan "lahan kosong" yang dimanfaatkan oleh pihak lain. Sehingga hal ini merupakan momentum introspeksi diri bagi seluruh anak bangsa, khususnya mahasiswa organisasi eksternal Kabupaten Karimun.

Selain itu, juga kritik bagi elemen bangsa lain seperti Muhammadiyah dan NU yang kurang masif dan agresif dalam mengembangkan gerakan di generasi muda.

Kemudian pula, di era reformasi ini. Kantong-kantong pergerakan intra kampus yang kini melemah. Karena komunitas pergerakan saat Orde Baru yang ada di kampus, telah beralih mencari ruang baru di luar kampus, seperti ke partai politik, profesional, dan pers.

Mereka sudah jarang ke kampus untuk menjaga kaderisasi, akibatnya saat ini banyak mahasiswa yang tidak cukup punya wawasan politik dan kepekaan sosial. Hanya fokus mengejar mimpi terjadinya. Dan ini yang paling penting untuk difikirkan oleh senior ataupun kita pasca berorganisasi!

0 komentar: